Makna 1 Muharam
Tahun baru Hijriah, 1 Muharam adalah tahun baru Islam yang
mengandung banyak makna bagi kita. Menyambut tahun baru Hijriah ini,
mari kita lihat kembali sejarah tentang hijrah rasul dan pahami arti hijrah
agar hidup kita menjadi lebih baik. Memasuki tahun baru Hijriah ini semoga kita benar-benar dapat
berhijrahmina dzulumati ila nur,
dari kegelapan menuju cahaya. Atau dari keadaan yang kurang baik menjadi lebih
baik Inilah arti hijrah yang perlu kita targetkan dalam semangat tahun baru
Hijriah.
Untuk
itulah, ada 19 pertanyaan penting yang perlu kita waspadai! Jika jawaban kita
“belum” maka, itu harus menjadi pemicu hijrah di tahun baru Hijriah ini.
1. Sudahkah memahami makna syahadat tauhid?
Syhadat adalah rukun
Islam pertama. Syahadat tidak cukup diucapkan, tapi harus dipahami maknanya.
Jika anda belum memahaminya, anda betul-betul perlu
mengkajinya.
2. Sudahkah mengaplikasikan makna syahadat tauhid dalam
kehidupan?
Selain
dipahami, tentu juga harus diamalkan. Syarat untuk dapat mengamalkan
syahadat tauhid, tentu harus mengetahui maknanya terlebih dahulu.
Baca artikel tentang makna syahadat tauhid di blog ini!
3. Sudahkah memahami makna syahadat rasul?
Jika belum, baca artikel tentang makna syahadat rasul di blog ini!
Ini tentang upaya mencontoh perilaku Rasul dalam berbagai aspek kehidupan.
Rasul bersabda “Shalatlah seperti engkau melihat aku shalat” (HR
Bukhari, Muslim, Ahmad). Perintah rasul ini artinya,
agar kita melihat (mempelajari) hadits-hadits Nabi tentang shalat mulai dari
awal hingga akhir. Mulai dari hadits tentang cara
berdiri, hadits tentang cara mengangkat tangan, arah telapak
tangan, kondisi jari-jari tangan, ketinggian, hadits cara sedekap,
hadits tentang posisi kaki. Hadits tentang ruku, sujud, duduk antara… dst
sampai hadits tentang salam.
Jika kita tidak pernah belajar shalat Nabi (mempelajari
hadits-hadtis shalat), maka besar kemungkinan shalat yang kita lakukan selama
ini
masih belum pas seperti yang Nabi contohkan.
6. Sudahkah bergaul, bicara, makan, minum, tidur, dll
seperti cara Nabi?
Tidak hanya cara shalat. Tapi kita juga harus melaksanakan
aktifitas lainnya seperti cara nabi. Contoh, apakah kita
sudah selalu minum dengan tangan kanan dan duduk? Coba perhatikan berapa banyak
orang yang mengaku mukmin, tapi masih minum dengan tangan kiri.
Coba selama beberapa hari ini anda amati perilaku orang yang
makan-minum, termasuk mengamati diri sendiri! Hitung berapa orang yang makan /
minum dengan tangan kiri atau dengan tangan kanan tapi sambil
berdiri? Silakan hasil pengamatan anda ditulis di kolom
komentar blog ini.
7. Sudahkah shalat berjamaah di masjid 5x/hari, 35x/minggu?
Silakan anda baca beberapa artikel Islami tentang shalat berjamaah di
blog ini.
8. Sudahkah meningkatkan ukhuwah islamiyah?
Ukhuwah Islamiyah, silaturahim adalah salah satu dampak positf shalat berjamaah.
9. Sudahkah berjuang untuk menikmati shalat khusyu?
Sudahkah anda mengerti makna setiap gerakan shalat dan makna setiap
bacaan shalat? Menurut anda, shalat yang lebih dapat
dinikmati apakah:
A. Shalat yang dilakukan tanpa mengetahui makna gerak dan
bacaannya? Atau
B. Shalat yang dilakukan dengan mengetahui makna gerak dan
bacaannya? Jika jawaban anda adalah B,
pertanyaan nomor 9 ini perlu benar-benar anda perhatikan. Semoga tahun baru
Hijriah ini akan membawa semangat baru untuk
belajar menuju cahayaNya.
10. Sudahkah memahami dan menikmati setiap ibadah yang kita
tunaikan?
Setiap ibadah, hendaknya kita ketahui tata cara dan hikmahnya.
11. Sudahkah membayar zakat dengan benar?
12. Sudahkan membantu orang lain?
Membantu orang lain adalah makna zakat yang perlu kita pahami.
13. Sudahkah melakukan puasa Ramadhan dengan baik?
14. Sudahkah bisa mengendalikan hawa nafsu, amarah dsb?
Mengendalikan nafsu dan menahan amarah adalah salah satu hikmah puasa.
15. Sudahkah punya rasa peduli terhadap orang yang kelaparan?
Rasa peduli terhadap sesama juga hikmah puasa Ramadhan.
16. Sudahkah melaksanakan ibadah haji?
Ibadah haji adalah
kewajiban (kebutuhan pokok), punya mobil adalah mubah, bukan kewajiban
(kebutuhan tersier). Jika anda punya mobil tapi
belum berhaji, maka waspadalah dengan ketentuan ini: “Barangsiapa yang memiliki
bekal dan kendaraan untuk membawanya ke Baitullah tetapi belum juga pergi
haji, maka tidak berat atas orang itu bahwa matinya dia (dihukumi)
sebagai orang Yahudi atau orang Nasrani. Demikian itu sesungguhnya Allah
berfirman di dalam kitab-Nya (Al-quran) “Dan Allah telah mewajibkan kepada
manusia yang mampu di jalannya untuk pergi haji di Baitullah.” ( HR Tirmidzi).
17. Sudahkan berjuang di jalan Allah?
Sudahkah berdakwah, membangun sarana ummat dll?
18. Sudahkah kita membuang sifat-sifat setan dalam diri kita?
19. Sudahkah kita memperbaiki dan meningkatkan amal untuk
menghadapi mahsyar?
Inilah
19 bahan renungan untuk berhijrah di tahun
baru hijriah ini. Baca juga artikel menarik lainnya tentang tahun
baru Hijriah yang berjudul “Cara Cerdas Mempertahankan Semangat
Hijrah”. Selamat tahun baru
Hijriah dan selamat berhijrah.
Tahun Baru Hijriah harus lebih baik dari kemarin
“Bila stagnan, hari ini sama dengan kemarin, itu
namanya merugi. Bila hari ini lebih buruk dari kemarin, itu kehancuran. Hari
esok harus lebih baik daripada hari ini,
Tahun Hijriyah menandai hijrahnya atau berpindahnya Nabi
Muhammad SAW dari Makkah Al Mukaromah ke Madina Al Munawarah di Arab Saudi.
Bila pada saat itu hijrah dimaknai sebagai berpindahnya Nabi Muhammad SAW dari
Makkah ke Madinah untuk menyebarkan ajaran Islam,saat ini hijrah harus dimaknai
sebagai perpindahan dari suatu keadaan ke keadaan yang lebih baik.
“Prinsipnya, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Itulah
orang yang beruntung. Bila stagnan, hari ini sama saja dengan kemarin, itu
orang yang merugi. Bila hari ini lebih buruk dari kemarin, itu namanya
kehancuran,” jelas Kyai Noer yang kini menjabat Ketua Pelaksana Harian Majelis
Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Bila semua warga negara Indonesia berprinsip seperti itu,
Kyai Noer yakin bangsa ini akan lebih baik dan maju, termasuk dalam hal akhlak
atau moral, sehingga tak ada lagi korupsi, penyalahgunaan narkotika, dan teror
yang merupakan extraordinary crime atau
kejahatan luar biasa, dan sebagainya.
Ukuran akhlak, ialah yang tua menyayangi yang muda dan
yang muda menghormati yang tua. “Dengan begitu akan tumbuh kasih sayang dan
penghormatan. Bila para pemimpin tidak menyayangi rakyatnya, jangan berharap
rakyat akan menghormati pemimpinnya. Efeknya negara akan kacau, tak ada
kedamaian, tawuran terjadi di mana-mana, dan perseteruan politik pun terjadi
antara DPR dan pemerintah, dan antar-sesama anggota DPR,” paparnya memberi
contoh.
Untuk menunjukkan akhlak kita baik atau buruk, harus
dilakukan melalui keteladanan atau pemberian contoh yang baik (uswatun khasanah), termasuk oleh para
pemimpin. “Pemimpin jangan hanya bisa memerintah, tetapi yang lebih utama
adalah uswatun khasanah,”
MAKNA 1 SURO, TAHUN BARU JAWA
Kita yang berada di Indonesia, saat ini paling tidak mengenal
4 macam tahun yang berbeda-beda, misalnya Tahun Masehi, Tahun
Hijriah, Tahun Jawa, dan Tahun Imlek. Tahun Masehi
didasarkan atas perputaran bumi mengitari matahari yang dikenal dengan Tahun
Matahari (dan berkaitan dengan musim), sementara Tahun Hijriyah dan Tahun Jawa
didasarkan pada perputaran bulan mengelilingi bumi dan tidak berkaitan dengan
musim. Tahun yang berdasarkan perputaran matahari dan bulan memiliki perbedaan
jumlah hari setiap tahunnya. Untuk Tahun Matahari setiap tahunnya berjumlah
365/366 hari, sementara untuk Tahun Bulan per-tahunnya memiliki 354 hari.
Tahun Masehi mengawali tahun barunya setiap tanggal 1
Januari sementara Tahun Hijriyah mengawali tahun barunya pada
tanggal 1 Muharram dan Tahun Jawa pada tanggal 1 Suro.
Tahun Jawa memiliki kesamaan dengan Tahun Hijriyah terutama dalam mengawali
tanggal dan bulannya. Perbedaannya terletak pada istilah penyebutan nama bulan.
Tahun Hijriyah menyebut bulan Muharram atau Asyuro, sementara Tahun Jawa
menyebut bulan Suro. Kesamaan keduanya ternyata dapat ditelusuri dari sejarah
kerajaan Mataram (Islam) di bawah kekuasaan pemerintahan Sultan Agung
(1613-1645 Masehi).
Ketika itu di masyarakat Jawa, tahun yang menjadi pegangan
masyarakat pada zamannya adalah Tahun Sakayang berdasarkan
peredaran matahari. Sementara bagi umat Islam sendiri menggunakan Tahun
Hijriyah. Pada waktu Sultan Agung berkuasa, Islam telah diakui menjadi agama di
lingkungan istana Mataram (Islam). Maka untuk tetap meneruskan penanggalan
Tahun Saka yang berasal dari leluhurnya dan ingin mengikuti penanggalan Tahun
Hijriyah, maka Sultan Agung membuat kebijakan mengubah Tahun Saka menjadi Tahun
Jawa. Maka ketika tahun 1555 Saka, oleh Sultan Agung diganti menjadi tahun 1555
Jawa dan berlaku untuk masyarakat pengikutnya. Sementara penetapan tanggal dan
bulannya disamakan dengan tanggal dan bulan Tahun Hijriyah. Berarti tanggal 1
Suro 1555 Tahun Jawa sama dengan tanggal 1 Muharram 1043 Hijriyah dan
bertepatan pula dengan tanggal 8 Juli 1633 Masehi.
Nama-nama bulan pada Tahun Jawapun dibuat lain dan berbeda
dengan nama-nama Tahun Hijriyah disesuikan dengan ucapan masyarakat Jawa.
Seperti :
Pada umumnya masyarakat menjelang tahun baru, misalnya Tahun
Baru Masehi,banyak melakukan kegiatan untuk menyambutnya. Kegiatan tersebut
biasanya tidak terlepas dari upaya introspeksi dan harapan-harapan. Introspeksi
dilakukan tentunya berkaitan dengan perbuatan-perbuatan di tahun lalu, apakah
perbuatannya itu telah bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat atau
justru merugikan orang lain. Jika masih banyak merugikan orang lain,
tentunya akan diperbaiki pada tahun baru ini, itulah
harapan-harapannya. Namun tidak sedikit pula masyarakat yang merayakan
tahun baru hanya bertujuan ingin bersenang-senang. Memang akhirnya harus
dikembalikan kepada masyarakat sendiri sebagai pencipta budaya untuk memahami
sebuah arti tahun baru. Begitu juga ketika menjelang Tahun Baru Jawa, tentunya
masyarakat Jawapun ingin mempunyai harapan-harapan yang lebih baik di tahun
baru yang akan datang dan tentunya juga melakukan introspeksi terhadap tindakan
di masa silam. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bulan Suro, baik menjelang
maupun selama bulan Suro jelas tidak terlepas dari introspeksi dan
harapan-harapan itu. Namun dalam perkembangannyapun bisa saja mengalami
pergeseran persepsi.
Bagi masyarakat Jawa, kegiatan-kegiatan menyambut bulan Suro
sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu. Kegiatan-kegiatan yang
berulang-ulang tersebut akhirnya menjadi kebiasaan dan menjadi tradisi yang
setiap tahun dilakukan. Itulah yang kemudian disebut budaya dan menjadi ciri
khas bagi komunitasnya. Namun kalau dicermati, tradisi di bulan Suro yang
dilakukan oleh masyarakat Jawa adalah sebagai upaya untuk menemukan
jati dirinya agar selalu tetap eling lan waspada. Eling artinya harus tetap
ingat siapa dirinya dan dari mana sangkan paraning dumadi (asal mulanya),
kedudukannya sebagai makhluk Tuhan, tugasnya sebagai khalifah manusia di bumi
baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Waspada, artinya harus tetap cermat,
terjaga, dan waspada terhadap segala godaan yang sifatnya menyesatkan. Karena
sebenarnya godaan itu bisa menjauhkan diri dari sang Pencipta, sehingga dapat
menjauhkan diri dalam mencapai manunggaling kawula gusti (bersatunya makhluk
dan Khalik).
Bulan Suro sebagai awal tahun Jawa, bagi masyarakatnya juga
disebut bulan yang sakral karena dianggap bulan yang suci, bulan untuk melakukan
perenungan, bertafakur, berintrospeksi, serta mendekatkan diri kepada Sang
Khalik. Cara yang dilakukan biasanya disebut dengan laku, yaitu
mengendalikan hawa nafsu dengan hati yang ikhlas untuk mencapai
kebahagiaan dunia akhirat. Itulah esensi dari kegiatan budaya yang dilakukan
masyarakat Jawa pada bulan Suro. Tentunya makna ini juga didapatkan ketikabulan
Pasa (Ramadhan, Tahun Hijriyah), khususnya yang memeluk agama
Islam. Laku yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa sebagai
media introspeksi biasanya banyak caranya. Ada yang melakukan laku dengan
cara nenepi (meditasi untuk merenung diri) di tempat-tempat sakral seperti di
puncak gunung; tepi laut; makam; gua; pohon tua; dan sebagainya, dan ada juga
yang melakukan dengan cara lek-lekan (berjaga hingga pagi hari) di
tempat-tempat umum seperti di tugu Yogya; Pantai Parangkusumo; dan sebagainya.
Sebagian masyarakat Jawa lainnya juga melakukan cara sendiri yaitu mengelilingi
beteng kraton sambil membisu.
Begitu pula untuk menghormati bulan yang sakral ini, sebagian
masyarakat Jawa melakukan tradisi syukuran kepada Tuhan pemberi rejeki, yaitu
dengan cara melakukan labuhan dan sedekahan di pantai, labuhan di puncak
gunung, merti dusun atau suran, atau lainnya. Karena bulan Suro juga dianggap
sebagai bulan yang baik untuk mensucikan diri, maka sebagian masyarakat lain
melakukan kegiatan pembersihan barang-barang berharga, seperti jamasan keris
pusaka, jamasan kereta, pengurasan enceh di makam Imogiri, dan sebagainya. Ada juga yang melakukan
kegiatan sebagai rasa syukur atas keberhasilan di masa lalu dengan cara pentas
wayang kulit, ketoprak, nini thowong, dan kesenian tradisional lainnya. Apapun
yang dilakukan boleh saja terjadi asal esensinya adalah perenungan diri sendiri
(introspeksi) sebagai hamba Tuhan. Namun akibat perkembangan zaman serta semakin
heterogennya masyarakat suatu komunitas dan juga karena dampak dari berbagai
kepentingan yang sangat kompleks, lambat laun banyak masyarakat terutama yang
awam terhadap budaya tradisional tidak lagi mengetahui dengan jelas di balik
makna asal tradisi budaya bulan Suro. Mereka umumnya hanya ikut-ikutan, seperti
beramai-ramai menuju pantai, mendaki gunung, bercanda ria sambil mengelilingi
beteng, berbuat kurang sopan di tempat-tempat keramat dan sebagainya. Maka
tidak heran jika mereka menganggap bahwa bulan Suro tidak ada bedanya dengan
bulan-bulan lainnya.
Di sisi lain, ternyata kesakralan bulan Suro membuat
masyarakat Jawa sendiri enggan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sakral,
misalnya hajatan pernikahan. Hajatan pernikahan di bulan Suro sangat mereka
hindari. Entah kepercayaan ini muncul sejak kapan, kita tidak tahu. Namun
yang jelas sampai sekarangpun mayoritas masyarakat Jawa tidak berani menikahkan
anak di bulan Suro. Ada sebagian masyarakat Jawa
yang percaya dengan cerita Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan (Samudra
Hindia). Konon ceritanya setiap bulan Suro Nyi Roro Kidul selalu punya hajatan
atau mungkin menikahkan anaknya (tidak diketahui jumlah anaknya berapa)
sehingga masyarakat Jawa yang punya gawe di bulan Suro ini diyakini penganten atau
keluarganya tidak akan mengalami kebahagiaan atau selalu mengalami
kesengsaraan, baik berupa tragedi cerai, gantung diri, meninggal, mengalami
kecelakaan, atau lainnya. Entah kebenaran itu ada atau tidak, yang jelas
masyarakat Jawa secara turun-temurun menghindari bulan Suro untuk menikahkan
anak. Kita bisa membuktikan kejadian ini kepada penjual jasa, seperti penyewa
alat-alat resepsi atau sejenisnya, mereka pasti akan mengatakan sepi order.
Kalaupun seandainya disewa pasti untuk kegiatan lain seperti sunatan,
kelahiran, atau kematian. Padahal bagi pemeluk agama Islam, dan mungkin juga
pemeluk agama lain, bahwa semua hari dan bulan itu baik untuk
melakukan kegiatan apapun termasuk menikahkan anak.
Hikayat Maheso Suro
Berbagai ritual dilakukan masyarakat Jawa dalam menyambut 1
Suro (Jawa : tanggap warsa). Salah satunya ritual yang digelar warga
Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Ritual selalu
digelar tiap tahunnya untuk mengenang Maheso Suro yang dipercaya telah
mendatangkan kemakmuran warga di pesisir pantai selatan tersebut.
Malam hari menyambut datangnya tanggal 1 Suro, halaman rumah mBah Jokasmo sesepuh setempat tampak dijejali warga setempat berbaur dengan pengalap berkah dari Jawa Tengah, Kabupaten Bantul sendiri, Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan sabar mereka menunggu mBah Jokasmo yang sedang bersemedi di dalam rumahnya. Menjelang tengah malam, mBah Jokasmo keluar dari kediamannya sambil sempoyongan sehingga harus dipapah kerabatnya. Selajutnya terdengar ucapan Mbah Jokasmo yang diyakini sebagai suatu ramalan bermakna peringatan. Bila anda bertanya kepada Mbah Jokasmo, beliau tidak ingat apa yang telah diucapkan tadi. Sebenarnya beliau hanya mediator Kanjeng Ratu Kidul yang menyampaikan pesan kepada kita. “Boleh percaya atau tidak percaya silahkan,” kata Sumarno kerabat Mbah Jokasmo. Usai ritual mbah Jokasmo memberikan ramalannya, biasanya dilanjutkan dengan prosesi Kirab Tumuruning Maheso Suro.
Dikisahkan oleh Sumarno, dahulu warga Samas dilanda paceklik, tanaman pertanian tidak bisa tumbuh subur. Warga desa selanjutnya memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beberapa waktu kemudian warga Samas dikejutkan dengan munculnya seekor kerbau. Kerbau berwarna hitam kelam itu, oleh perangkat desa kemudian ditangkap dan dipelihara bersama kerbau-kerbau lokal. Anehnya, setiap kali kerbau tiban itu merusak sawah ladang yang dilewatinya, tanaman di atas tanah-tanah itu justru tumbuh subur. Setelah beranak pinak, mahesa yang muncul pertama kali di Bulan Suro itu pun menghilang entah kemana. Karena itu, masyarakat Samas, Srigading selalu mengenang datangnya kerbau hitam itu dengan menggelar ritual Kirab Tumuruning Maheso Suro sejak tahun 1910.
Aneh memang, itulah kepercayaan ! Akankah masyarakat Jawa di masa mendatang akan lain lagi memaknai bulan Suro ? Jawabannya ada pada anak cucu kita sebagai generasi penerus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar